Kiat – Kiat Menjadi Orang Tua yang Baik

Menjadi orang tua adalah keinginan setiap orang. Tetapi menjadi orang tua yang baik adalah sesuatu yang gampang – gampang susah. Berikut kiat – kiat menjadi orang tua yang baik.

A. Memberikan contoh.

Terkadang tanpa sadar orang tua hanya menuntut anak untuk menjadi baik, berperilaku sopan, jujur tetapi orang tua sendiri justru memberikan contoh yang sebaliknya terhadap anak. Misal, berharap anak selallu mengucapkan salam saat masuk rumah. Tetapi orang tuanya tidak pernah melakukan hal tersebut. Jadi tidak heran kalau anak tidak mau melakukan hal tersebut. Karena pada dasarnya, anak akan belajar dari lingkungan sekitar dan belajar dari apa yang orang – orang lakukan sekitar lakukan. Jadi setiap orang tua harus menjadi contoh bagi anak – anaknya. Kalau kita sebagai orang tua selalu memberikan contoh yang baik, maka anak – anak kita akan meniru hal baik tersebut. Demikian juga sebaliknya.

B. Meluangkan waktu untuk berbicara.

Anak sangat butuh perhatian kita sebagai orang tua. Mereka juga ingin bercerita, memberitahukan pengalaman baru yang mereka dapat. Jadi kita harus meluangkan banyak waktu buat mereka. Sesibuk apapun, luangkan waktu untuk berbicara dengan mereka. Supaya kita mengetahui perkembangan anak kita seperti apa. Dan sedini mungkin kita bisa arahkan anak ke yang lebih baik. Berbicara keanak merupakan bentuk perhatian kita terhadap anak. Dan yang paling penting lagi, sikap kita pada saat berbicara harus menunjukkan kalau kita menghargai mereka. Misal dengan memposisikan kita sama tinggi dengan anak – anak kita. Menghargai apapun yang mereka ceritakan.

C. Mengajari anak bertanggung jawab

Sedini mungkin kita harus mengajarkan tanggung jawab terhadap anak. Dimulai dari hal – hal yang kecil. Misal setelah bermain harus membereskan mainannya sendiri. Jadi anak tidak akan memiliki ketergantungan terhadap orang lain dan menjadi manja.

 

4 thoughts on “Kiat – Kiat Menjadi Orang Tua yang Baik”

Leave a comment